Rabu, 15 Agustus 2012

Mimin Melancong : 7 Tempat Wisata di Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi

Manceman Brilliant, kali ini Mimin akan mengajak Manceman sekalian keliling Banda Aceh menyusuri 7 destinasi wisata yang paling oke punya. Banda Aceh merupakan Ibukota Provinsi di Indonesia paling oke menurut Mimin, penduduknya tidak terlalu ramai, suasana keagamaan Islamnya masih melekat dan tempat wisatanya yang memiliki keunikan tersendiri dan satu lagi, Banda Aceh merupakan kota yang luar biasa bersih terbukti dari piala Adipura yang baru didapatkan. Sebenarnya gak hanya ada 7 destinasi saja di Banda Aceh melainkan ada banyak, tapi kali ini Mimin akan membahas 7 aja. 

1. Museum Tsunami Aceh


Museum Tsunami Aceh dibangun untuk mengenang sekaligus pusat Informasi mengenai bencana Tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 silam, desainnya sangat bangus loh Manceman menyerupai kapal gitu. Museum ini hanya berjarak lebih kurang 1 Km dari Masjid Baiturrahman, dan untuk masuk ke dalam Museum Manceman tidak perlu membayar alias GRATIS. Tapi ingat, kalau membawa tas wajib di titipkan ya di tempat yang telah disediakan, dijamin aman kok. Di Museum ini kamu bisa melihat apa-apa saja yang pernah terjadi saat perisitwa Tsunami. Selain itu, ada juga tempat penjualanan souvenir dan cafetarianya. Dari luar aja udah oke, bagaimana bagian dalamnya? Berikut Penampakannya....



2. Masjid Raya Baiturrahman


Belum Ke Banda Aceh jika tidak mengunjungi Masjid megah ini. Masjid Baiturrahman adalah masjid dengan arsitektur terbaik di zamannya dan masjid Terindah di Indonesia. Terletak di pusat kota Banda Aceh, Masjid ini menjadi saksi peristiwa Tsunami 2004. Pada tahun 1873, Masjid ini pernah dibakar oleh tentara Belanda namun Masjid tersebut telah dibangun kembali. Masjid ini juga memiliki stasiun radio yang siarannya sangat Islami. Kalau ke Banda Aceh, wajib nih ke Masjid Baiturrahman ini.

3. Pantai Ulee Lheue


Subhanallah ! kata yang terucap pertama kali ketika melihat indahnya pantai yang satu ini, pantai Ulee Lheue. Banyak angin, sejuk dan cocok banget dijadikan background poto Manceman. Disini ada juga orang-orang yang berjualan jagung bakar loh dengan berbagai macam rasa serta di dekat pantai ini juga ada tempat makan yang super nikmat.

4. Pantai Lhok Nga



Pantai yang satu ini merupakan favoritnya para peselancar, ombaknya Subhanallah ! Pasirnya putih dan airnya bening euy ! Agak jauh sih dari pusat kota Banda Aceh tapi semua terbayar kok sama keindahannya pantai ini. Pernah baca novel Hafalan Shalat Delisha ?? Penasaran ama pantai Lhok Nga yang selalu di sebut dalam novel tersebut, ayuk segera berkunjung ke pantai ini. Pantai ini berdekatan dengan pabrik semen Andalas loh. Untuk urusan makan dan minum gak usah ragu, semua tersedia kok.

5. Rumah Tjut Nyak Dhien


Siapa yang tak kenal Tjut Nyak Dhien?? Pahlawan Wanita paling tangguh ini berasal dari Aceh. Dan yang Manceman harus tahu adalah mengenai tempat tinggalnya dahulu, searah dengan lokasi menuju pantai Lhok Nga, kediaman pahlawan wanita ini harus kamu kunjungi.

6. Pasar Atjeh



Lokasinya sangat tidak jauh dari Masjid Baiturrahman, pasar Atjeh adalah surga bagi yang suka belanja. Di tempat ini kamu bisa membeli berbagai macam pakaian termasuk pakaian khas Aceh, celana, kain, dll dan juga makanan khas Aceh. Manceman bisa mengunjungi pasar Atjeh dalam dua bentuk, yang panas atau yang dingin. Gambar pertama di atas adalah Pasar Atjeh lama yang mana lokasinya langsung terpapar matahari dan kalau Gambar yang kedua adalah Pasar Atjeh modern dan dilengkapi AC jadinya adem. Tinggal pilih aja, dan urusan harga pastilah terjangkau.

7. Kapal Apung 



Pernah dengar berita mengenai Kapal Apung ini ??, Kapal ini terbawa Tsunami jauh hingga menimpa rumah penduduk di sebuah pemukiman. Untuk menuju kesana gak jauh kok Maceman dari Pusat kota, disini Manceman bisa melihat kapal PLTD yang super besar ini. Dan disekitar lokasi ada juga galeri tsunami dan tempat penjualan souvenir.


Nah, itu masih 7 Manceman Brilliant masih ada banyak lagi loh seperti kuburan Belanda (Kerkof), Makan Syiah Kuala, Kapal Apung Lampulo, Situs Samudra Pasai, Masjid Baiturrahim, dsb. Banda Aceh memang asyik untuk dikunjungi. Jadi, tunggu apalagi ?? segera berkunjung ke Banda Aceh yuk Manceman !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar