Sabtu, 25 Agustus 2012

Waspada Cacingan !!!

Manceman Brilliant, kali ini Mimin akan membahas masalah Kesehatan kembali yaitu mengenai " Cacingan " (serrrrreeemmm). Ilmu Parasitologi (yang mempelajari tentang parasit) terbagi dalam 3 lingkup, yaitu helminthologi (cacing), prozologi (protozoa) dan entomologi (serangga). Tapi, kali ini kita akan membahas mengenai Cacing. Cacing adalah salah satu parasit paling membahayakan terutama dari kelas Platyhelminthes dan Nemathelminthes. Kalau si Cacin tersebut udah menyerang kita bisa-bisa jadi seperti ini ;



 

  


Serem kan !!! tapi gak perlu khawatir, karena kita bisa mencegah si Cacing ganas tersebut menyerang tubuh kita. Semakin Cepat Semakin Baik. Ada beberapa beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah si Cacing masuk ke tubuh kamu, diantaranya ;

1. Menjaga Kebersihan Diri



Ini yang pertama dan yang paling utama yaitu " MENJAGA KEBERSIHAN DIRI ", termasuk dalam hal memotong kuku, memakai alas kaki (sendal maupun sepatu), mencuci tangan pakai sabun antikuman dan perawatan diri lainnya. Dan yang paling penting adalah ketika hendak makan biasakan cuci tangan terlebih dahulu. Dan yang gak kalah penting adalah pakai ALAS KAKI, karena si larva cacing suka sekali nembus-nembus kulit manusia. Bahaya !!!

2. Menjaga Kebersihan Lingkungan



Lingkungan merupakan salah satu faktor yang turut mempengaruhi penyebaran Cacing, lingkungan kotor pastinya Cacing akan senang dan sebaliknya jika lingkungan terjaga, bersih dan segar pastinya si Cacing akan kabur. Tetapi pada beberapa cacing misalnya Cacing Tambang mereka hanya hidup di daerah pertambangan, dan itu kembali kepada diri kita untuk merawat diri kita sendiri. Hati-hati juga terhadap tanah yang lembab dan becek, itu adalah sarang cacing-cacing ganas apalagi di daerah yang sering dijadikan tempat buang hajat orang-orang seperti sungai ataupun di tanah. Itu sangat berbahaya bagi diri kita, dan sekali lagi gunakan prinsip menjaga kebersihan diri. Apalagi anak-anak, orangtua wajib mewaspadai terutama bagi anaknya yang suka bermain tanah ataupun mandi di sungai/kali.

3. Menggunakan Air Bersih 




Hati-hati dalam menggunakan air baik untuk minum, mandi dan sebagainya. Air bisa menjadi sarang alias tempat tinggal yang asyik bagi si Cacing-cacing ganas bagi manusia tersebut. Sekali lagi, jangan pernah mandi di sungai/kali yang kelihatan kotor ataupun meminum air yang kelihatan kotor.

4. Menggunakan Jamban Sehat




Jangan suka BAB (Buang Air Besar) Sembarangan!!! Apalagi buat orang yang emang sudah cacingan, bayangin aja ketika Mr.X lagi BAB di tanah(sembarang tempat) telur-telur cacing yang ada dalam tubuhnya akan keluar bersama kotoran yang ia buang dan telur-telur bersama kotoran tadi terusan-terusan berada ditanah yang lembab sampai si telur berubah jadi larva. Dan hingga suatu hari, tiba-tiba saja anaknya Mr.X tak sengaja lewat tepat ditanah lembab tempat si larva cacing berkuasa, alhasil si Larva berhasil menembus kulit si anak tersebut dan kemungkinan besar anak Mr.X tersebut akan menderita cacingan bila tidak diobati/tangani segera.

5. Waspada Kebersihan Makanan Anda



Sebelum masak, ayo pada jeli!!! sayuran yang kamu akan masak harus dicuci terlebih dahulu karena bisa saja sayur itu terkontaminasi oleh telur-telur cacing ganas tersebut. Gak cuma sayur, tapi semua komposisi masakan kamu. Dicuci secara bersih agar telur-telur cacing tersebut tidak ikut tertelan ketika dimakan. Hati-hati juga ketika makan sayur lalapan.

6. Konsumsi Obat Cacing



Golongan Mebendazol adalah obat yang terbaik saat ini untuk mengatasi cacingan, buat yang sudah terinfeksi sama cacing ataupun yang lagi galau sama cacing boleh dikonsumsi. Combantrin juga termasuk obat yang bisa menekan perkembangan si Cacing dalam tubuh, efek sampingnya berupa kotoran yang menjadi keras dan sedikit anorexia. Tapi, dalam hal obat cacing harus berdasarkan saran dokter dahulu dan pemakainnya juga harus teratur gak boleh asal-asalan.

Nahhh,, itulah beberapa cara terbaik untuk mencegah atau menghindari Cacingan. Tapi yang paling terpenting adalah hal "Kebersihan", semakin kita menjaga kebersihan Insya Allah penyakit-penyakit juga gak akan datang pada kita. Karena "KEBERSIHAN ADALAH SEBAGIAN DARI IMAN" dan buat anak-anak segera konsul ke dokter ya !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar